Cara Membuat Email Forwarders di cPanel

Cara Membuat Email Forwarders di cPanel | Setelah memiliki sebuah blog atau website dengan domain TLD (Top Level Domain). Yang selanjutnya wajib dilakukan adalah membuat email dengan nama domain sendiri.

Mengapa?

Selain terkesan lebih bergengsi dan profesional (apalagi jika website yang anda kelola mewakili sebuah perusahaan), menggunakan email dengan domain sendiri juga memberikan kesan bonafit, tidak ecek-ecek. Misalnya alamat blog ini gaptek.web.id, saya bisa membuat email dengan alamat arif@gaptek.web.id

Kalau blog personal kaya gini sebetulnya sih nggak butuh-butuh amat. Tapi anda bisa bayangkan seandainya ada sebuah perusahaan besar, memiliki domain www.sanggup-corporation.com, tetapi untuk komunikasi digitalnya masih menggunakan layanan email gratisan dari gmail atau yahoo.

Yaa.. sebetulnya nggak apa-apa sih, cuma kalau memang sudah disediakan oleh webhosting yang kita sewa, kenapa tidak digunakan? Kan itu namanya mubadzir.. ya nggak? ya nggak?

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk bisa membuat email dengan nama domain sendiri. Yang pertama dengan membuat webmail, yang kedua dengan membuat email forwarders. Namun pada posting kali ini kita hanya akan mengulas mengenai cara membuat email forwarders saja.

 

Definisi Email Forwarder

Menurut Wikipedia, Email Forwarders dapat didefinisikan sebagai berikut:

Email forwarding generically refers to the operation of re-sending an email message delivered to one email address on to a possibly different email address

Kira-kira maksudnya adalah bahwa Email Forwarders merupakan pengiriman kembali pesan email yang dikirim ke satu alamat email ke alamat email yang berbeda.

Maksudnya, email forwarders sebenarnya bukan email yang “nyata”. Dia hanya alamat email imajiner yang bertugas meneruskan pesan ke alamat email yang asli. Misal saya membuat email forwarders dengan alamat arif@gaptek.web.id, maka email itu tidak benar-benar bisa saya buka karena dia hanyalah nama saja. Untuk lebih jelasnya nanti kalian bisa lihat melalui langkah-langkah yang saya jelaskan berikut ini.

 

Langkah/Cara Membuat Email Forwarders di cPanel

1. Login ke halaman cPanel

Pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel website. Karena disanalah satu-satunya tempat untuk memulai ini. Masukkan username dan password. Lalu klik tombol Login.

Cara membuat/setting email forwarders di cPanel

Halaman Login cPanel

 

2. Pilih ikon Forwarders

Setelah berhasil masuk, pilih ikon Forwarders. Biasanya dia terletak di bagian Email. Untuk tampilan halaman cPanel atau tampilan ikon mohon diabaikan, karena setiap webhosting provider menginstall versi cPanel yang berbeda-beda

Cara membuat/setting email forwarders di cpanel

Pilih ikon forwarders

 

3. Tambahkan alamat email untuk forwarders

Silakan masukkan alamat email forwarders anda dan juga alamat email asli yang menjadi tujuannya. Dalam contoh berikut saya membuat email forwarders dengan alamat arif@gaptek.web.id, dimana pesan ke email tersebut akan diteruskan ke email utama yang beralamat di arifwachyu@gmail.com. Jika sudah diisi semua silakan klik Add Forwarder.

Cara membuat email forwarders di cPanel

Masukkan alamat email forwarders

 

Sesaat kemudian akan muncul pemberitahuan yang menyatakan kalau email forwarders anda sudah berhasil dibuat.

Cara membuat email forwarders di cPanel

Email forwarders berhasil dibuat

Harap dicatat, satu alamat email asli bisa digunakan oleh lebih dari situ forwarders. Dalam gambar di bawah, tiga email forwarders menggunakan email utama yang sama.

Cara membuat email forwarders di cPanel

Email utama bisa digunakan oleh lebih dari 1 email forwarders

Bagi mereka yang butuh bikin banyak akun (multiple account) di suatu layanan, seperti facebook twitter, atau yang lain tapi malas membuat email berulang kali, bisa menggunakan fasilitas email forwarders ini. Sebab meski alamat emailnya berbeda-beda, tapi pesan yang dikirim akan tetap masuk ke email yang sama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *